Kamis, 13 Juni 2013

Sedikit Tentang Kepemimpinan

Menjadi pemimpin itu dianggap enak. Menjadi pemimpin itu dianggap bisa berkuasa.

Tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa untuk bisa menjadi pemimpin yang baik sebenarnya harus pernah membuktikan dirinya pernah menjadi orang yang dipimpin.

Ketika menjadi orang yang dipimpin itu, dia juga bisa menjadi orang yang dipimpin dengan baik. Artinya untuk bisa menjadi pemimpin yang baik harus bisa menjadi anggota yang baik.

Saya meragukan seseorang yang ketika menjadi anggota tidak baik, dia bisa menjadi pemimpin yang baik. Menjadi anggota yang baik itu adalah anggota yang loyal tetapi juga kritis. Anggota yang patuh tetapi juga bisa berfikir mana yang baik dan mana yang tidak baik. Anggota yang selalu bisa memberikan pemecahan masalah bagi atasannya.

Bukan anggota yang selalu merepotkan atasannya, anggota yang selalu membikin masalah pemimpinnya dan anggota yang selalu memberikan persoalan bagi pemimpinnya.

Jadi ketika menjadi anggota, dia harus bisa menjadi anggota yang baik, bukan menjadi bagian persoalan bagi pemimpinnya, tetapi menjadi problem solver bagi pemimpinnya.

Kalau sesorang itu pernah menjadi anggota yang baik dan dalam kurun waktu yang cukup maka kelak dia naik menjadi pemimpin, dia akan menjadi pemimpin yang baik, maka dia bisa mengetahui bagaimana rasanya pernah menjadi anggota.

Dengan demikian dia bisa tahu apa saja yang diperlkukan anggota dan bagaimana perasaan menjadi anak buah. Jadi pemimpin yang baik adalah pemimpin yang pernah menjadi anggota yang baik.

Anggota yang baik adalah calon pemimpin yang baik, anggota yang baik adalah Problem Solver bukan Trouble Maker !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar